Apa itu Ilmu Data dan Apa Peranannya bagi Bisnis?

Artificial Intelligence

Apa itu Data Science?

Data science adalah sebuah ilmu yang menggunakan konsep matematika dan statistika untuk memperoleh informasi yang berguna dari suatu big data. Di era digital seperti sekarang, ilmu ini bahkan memadukan juga dengan AI (Artificial Intelligence) hingga teknik komputer untuk keperluan analisis big data yang begitu kompleks.

Hasil dari analisis ini berguna untuk membantu bisnis atau perusahaan menentukan beberapa langkah yang akan diambil ke depannya. Sekaligus untuk menjawab atas beberapa pertanyaan seperti “apa yang terjadi”, “apa yang akan terjadi”, “mengapa hal itu terjadi”, dan juga “bagaimana mengatasi hal tersebut”.

Ilmu data sejatinya telah ada sejak tahun 60-an yang saat itu dinamakan sebagai statistik. Lalu, pada akhir 90-an di mana komputer sudah bermunculan, istilah ilmu data baru diformalkan oleh para ahli komputer. Namun, butuh waktu hingga beberapa dekade sampai istilah ini digunakan secara luas di kalangan bisnis/korporat.

Penting sekali untuk menggunakan data science dalam perusahaan. Pasalnya, di era digital seperti sekarang, data tidak hanya dalam bentuk teks semata. Namun juga ada teks, video, audio, gambar, dan berbagai format lain yang memiliki jumlah sangat besar.

Dengan mengkombinasikan antara metode, alat, teknologi, dan SDM profesional, maka berbagai data-data tersebut dapat diartikan dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

 

Peran Data Science bagi Bisnis/Perusahaan

Ilmu data telah mengubah banyak perusahaan besar terkait bagaimana cara mereka beroperasi. Ini dia beragam peran data science bagi bisnis atau perusahaan yang perlu Anda ketahui:

 

1. Optimalisasi Waktu secara Menyeluruh

Waktu merupakan hal yang sangat penting bagi suatu bisnis, khususnya bagi bisnis berskala besar. Sayangnya, kondisi real time yang berubah-ubah setiap saatnya membuat aktivitas bisnis terganggu atau terhenti.

Dengan adanya ilmu data, maka perusahaan dapat memprediksi kondisi yang terjadi tersebut. Contohnya, mengidentifikasi pola sif karyawan yang menyebabkan kinerja kurang optimal sehingga hasilnya tidak sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Ilmu data nantinya berguna untuk mengatasi hal tersebut secara mudah.

 

2. Menemukan Pola Transformatif Tersembunyi

Mungkin selama ini perusahaan perjalanan stagnan tanpa peningkatan yang berarti. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Nah, dengan data science, maka perusahaan dapat menemukan pola transformatif yang tersembunyi yang nantinya bisa digunakan untuk mengubah cara kerja perusahaan lebih baik.

Contohnya pada perusahaan yang menyediakan penjualannya via online shop. Mereka dapat menggunakan data kunjungan seperti klik, query pencarian, jam kunjungan, umpan balik, aktivitas kunjungan dan lainnya untuk mengungkap pola yang membuat mereka betah di situs online shopnya dan berakhir membeli salah satu produknya.

 

3. Mendapatkan Solusi yang Efektif

Data science mampu mengungkap masalah yang tidak dapat terdeteksi apabila diamati secara langsung. Dengan begitu, solusi demi solusi yang efektif pun bisa didapatkan sehingga mampu mendorong inovasi perkembangan bisnisnya.

Sebagai contoh perusahaan produsen smartphone menggunakan big data dari sosial media untuk mengidentifikasi keluhan para pengguna. Dari jutaan atau puluhan juta sampel komentar yang telah dikelompokkan, para pengguna kurang menyukai durabilitas dari smartphone tersebut. Dengan begitu, nantinya produsen bisa memperbaikinya dengan inovasi terbaru.

Demikianlah beberapa hal yang dapat kami ulas seputar ilmu data. Di era digital seperti sekarang, pemanfaatan data science untuk memahami bisnis secara mendalam sangat diperlukan guna dapat bertahan di mana kompetisi begitu ketat di berbagai bidang.